Second Opinion

Second Opinion merupakan analisis (brainstorming) penulis atas berbagai permasalahan yang menarik perhatian publik. Hampir semua kasus yang dibahas merupakan kasus berulang yang seolah tidak ada penyelesaiannya. Benarkah demikian? Mari kita seruput kopi untuk mencari solusi.

Mental seseorang akan tertekan ketika sedang diselidiki terkait kasus korupsi. Biasanya orang tersebut akan merasa takut, panik, dan cemas. Pada akhirnya banyak yang menyendiri atau bahkan merasa sendirian ketika menghadapi kasus korupsi. 

Pada artikel  di link ini dan video di atas, kami sajikan panduan praktis bagaimana menghadapi pemeriksaan oleh Aparat Penegak Hukum (penyelidikan/penyidikan). Semoga bisa membantu mengurangi kecemasan dan pemeriksaan berjalan lebih lancar.  

Bedah Kasus Pajak di Indonesia

suap

Penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oknum pegawai Dirjen Pajak kembali muncul. Berdasarkan hasil googling, setidaknya terdapat lebih dari 20 oknum pegawai pajak yang menjadi terpidana sejak tahun 2009 s.d. 2023. Analisis berikut mengungkap fakta-fakta peristiwa dimaksud, akar masalah yang menjadi penyebab berulangnya kasus penyalahgunaan wewenang, sampai dengan usulan solusi yang perlu dilakukan Kemenkeu c.q. Dirjen Pajak. Siapakan kopi dan sedikit camilan, untuk membahas materi yang cukup berat ini. Mari kita mulai …

Kisah Sedih Karen Agustiawan

Karen Agustiawan
Gambar dari FB Karena Karen

Prestasi gemilang salah satu Srikandi Indonesia ini mendadak lebur setelah mendengar putusan Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi Tindak Pidana Korupsi. Setelah membaca putusan-putusan pengadilan, hasil eksaminasi, dan berbagai informasi dari hasil googling, penulis akan membedah kasus Karen Agustiwan dalam akuisisi Blok BMG-Australia dan sekaligus merumuskan usulan sederhana untuk mencegahnya. Jangan lupa sediakan secangkir kopi dan gorengan hangat untuk menemaninya.   

Anda juga bisa melihat versi videonya dengan link ini. 

Ngeri-ngeri Sedap Investasi Telkomsel pada GOTO

Investasi GOTO

Setidaknya terdapat empat kontradiksi investasi Telkomsel pada GOTO. Kontradiksi tersebut menimbulkan risiko hukum (korupsi) ketika terjadi kerugian negara. Jika investasi tersebut berjalan sesuai rencana dan terbukti menguntungkan, maka investasi tersebut dianggap sebagai terobosan bisnis. Direksi Telkomsel pun akan mendapat penghargaan atau bahkan dianggap sebagai “Pahlawan”. Namun jika harga saham jatuh di bawah harga perolehan dan/atau GoTo bangkrut, maka Direksi Telkomsel berpotensi menjadi “Pesakitan”. High Risk, High Return. Ikuti pembahasan materi ini dalam tulisan berikut ini:

Kontradiksi BUMN

Kontradiksi BUMN

BUMN berhasil mencetak rekor tertinggi dengan menyetorkan dividen ke negara sebesar Rp80,2 triliun. Menurut menteri BUMN, jumlah ini merupakan terbesar sepanjang sejarah. 

Di sisi lain 65% Dana Pensiun BUMN dalam kondisi “sakit”. Salah satu penyebabnya adalah terjadinya defisit kecukupan dana sebesar Rp9,8 triliun pada tahun 2021. 

Dua fakta di atas menunjukkan kontradiksi kinerja BUMN. Untuk membahas lebih mendalam terkait hal ini, tunggu artikel kami tentang  kontradiksi ini. 

Kontradiksi Dugaan Korupsi Johnny Plate ini merupakan informasi penyeimbang untuk meluruskan stigma negatif Johnny Plate yang statusnya sebagai tersangka (asa praduga tidak bersalah) Terdapat 6 kontradiksi yang mencoba memberikan informasi yang berbeda dengan informasi mainstream yang banyak berbedar di sosmed atau media massa. Misalnya pada kontradiksi pertama mengulas tentang penetapan Johnny Plate sebagai tersangka dalam kapasitasnya sebagai pengguna anggaran. Hal ini menjadi kontradiktif dengan realitas seorang pengguna anggaran yang biasanya melimpahkan atau mendelegasikan kewenangannya kepada kuasa pengguna anggaran.

Selengkapnya dapat Anda lihat pada artikel dan video berikut ini:

Artikel Kontradiksi Dugaan Korupsi Johnny Plate

Video Plate-seri 1

Video Plate-seri 2

Video Plate-seri 3

Video Plate-seri 4

Buku SAKSI KUNCI di atas menceritakan tentang bagaimana seorang Whistleblower (Saksi Kunci) membongkar skandal perpajakan terbesar di Indonesia. Saya cukup punya peran dalam pengungkapan kasus ini, yang sebagian kecil diungkap dalam buku ini. Detil cerita, silahkan buka di link ini!